Senin, 08 Oktober 2012

Mau Gigi Anda Menawan? Ini Senjatanya!

Agar kondisi gigi dan mulut sehat serta memiliki napas yang segar, Anda perlu menjaga kebersihan gigi. Cara menjaga kebersihan gigi sebenarnya gampang-gampang susah mengingat gigi selalu bersinggungan dengan makanan dari waktu ke waktu.

Berikut 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi, seperti dilansir readerdigest, Senin (8/10/2012) antara lain:

1. Diet untuk tujuan memutihkan gigi
Kebiasaan diet seperti minum anggur merah, kopi, teh hitam, atau merokok dapat membuat gigi kekuningan dan kehilangan warna putih alaminya. Sehingga Anda perlu berpikir ulang sebelum meraih makanan atau minuman, apakah hal tersebut memiliki efek menodai gigi.

Gosok gigilah segera setelah makan atau minum makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Makanlah makanan yang dapat menodai gigi tersebut hanya jika Anda dapat menyikat gigi sesegera mungkin, jika tidak makanlah apel setelahnya untuk mendapatkan efek pembersihan.

2. Gosok gigi selama 2 menit
Waktu ideal menggosok gigi adalah selama 2 menit agar dapat menyingkirkan seluruh plak bakteri yang menempel di gigi. Menggosok gigi terlalu cepat kurang optimal dalam membersihkan gigi.

3. Pegang sikat gigi dengan cara yang tepat
Menggosok gigi dengan tekanan yang terlalu kuat bukanlah cara terbaik untuk menghilangkan plak pada gigi. Cara terbaiknya adalah menyikat gigi dengan teknik menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gusi dan menggosok dengan lembut dalam gerakan melingkar, bukan gerakan maju mundur.

4. Minum secangkir teh
Flavonoid dan bahan lainnya dalam teh dapat membantu mencegah bakteri berbahaya menempel di gigi, serta mencegah timbulnya jenis gula yang dapat berkembang menjadi karang gigi. Teh juga mengandung fluoride dalam jumlah yang cukup tinggi dan baik untuk gigi.

5. Gunakan obat kumur bebas alkohol untuk membilas bakteri
Kebanyakan obat kumur mengandung terlalu banyak alkohol, yang dapat membuat jaringan mulut Anda mengering sehingga lebih rentan terhadap bakteri. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan adanya hubungan antara obat kumur yang mengandung alkohol dengan peningkatan risiko kanker mulut.

Untuk amannya, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol dan gunakan setelah menggosok gigi untuk membilas mulut dari bakteri.

6. Bersihkan juga lidah Anda
Bersihkan lidah dengan pembersih lidah setiap pagi untuk menghilangkan plak di lidah dan menyegarkan napas. Salah satu penyebab utama bau mulut adalah penumpukan bakteri di lidah. Membersihkan lidah dengan pembersih lidah lebih efektif daripada menyikat lidah Anda dengan sikat gigi.

7. Sikat gigi dengan menggunakan baking soda
Sikat gigi Anda dengan baking soda sekali seminggu untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan pasta gigi. Anda juga dapat menggunakan garam sebagai alternatif lain.

Pastikan untuk meludahkan semuanya keluar sehingga tidak dihitung sebagai asupan natrium tambahan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

8. Jangan menggunakan gigi sebagai alat
Jangan memakai gigi Anda untuk membuka penutup botol atau pembuka kemasan makanan ringan karena dapat merusak gigi.

9. Mengairi mulut Anda
Pastikan Anda minum setidaknya 8 gelas per harinya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat, mengontrol berat badan, melembabkan kulit dan juga membantu menjaga gigi agar lebih putih.

Semakin banyak air yang Anda minum, bakteri pada gigi akan tersiram dan keluar dari mulut Anda, yang berarti mengurangi risiko penyakit gusi, gigi berlubang, dan membuat napas menjadi segar.

10. Makan permen rasa kayu manis
Para peneliti di University of Illinois di Chicago menemukan bahwa mengunyah permen dengan rasa kayu manis dapat mengurangi bakteri dalam mulut. Hal ini disebabkan karena kandungan aldehida sinamat, minyak esensial tanaman yang digunakan untuk penyedap rasa makanan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar