Senin, 15 Oktober 2012

Makanan Ini Akan Mempercepat Penuaan

 Penuaan bukan hanya soal kulit yang keriput, tetapi juga penyakit yang terjadi seiring bertambahnya usia. Terkadang, beberapa faktor dapat mendorong penuaan dini. Salah satunya adalah makanan yang akrab dengan kita sehari-hari.

Menurut Dr. Bryce Wylde, penulis buku 'The Antioxidant Prescription', penyebab utama penuaan dini adalah radikal bebas. Meski demikian, kita dapat menghindarinya dengan memantang makanan tertentu. Seperti dikutip dari Reader's Digest Kanada (15/10/12), inilah makanan yang perlu kita jauhi:


1. Fast food
Makanan cepat saji sudah jelas harus dijauhi. Tak hanya dapat mempercepat penuaan, makanan ini juga dapat memicu berbagai penyakit lain. Meski enak, biasanya fast food minim nutrisi dan tinggi kolesterol, kalori, garam, atau lemak.
img
 2. Hydrogenated fat
Hydrogenated fat adalah minyak sayur cair yang diubah menjadi lemak padat atau semipadat, seperti margarin. Penggunaannya dapat membuat minyak tahan lebih lama dan menghasilkan tekstur yang diinginkan pada kue. Padahal, lemak jenis ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Hydrogenated fats banyak terkandung dalam snack dan kue.
img
 3. Olestra
Olestra adalah lemak sintetis yang tak menambah kandungan lemak, kalori, maupun kolesterol pada sebuah produk pangan. Olestra banyak dipakai untuk makanan tinggi lemak seperti snack kentang, sehingga kandungan kalorinya bisa lebih rendah. Sayangnya, olestra membuang vitamin larut lemak seperti A, E, D, K, dan karotenoid yang bersifat antioksidan. Olestra juga menyebabkan perut mulas dan diare, sehingga membuat penderitanya menjauhi sayur dan buah yang baik untuk kesehatan.


img 
4. Nitrate
Nitrate banyak ditemukan pada daging yang diawetkan seperti sosis dan bacon. Selain mencegah mikroba berkembang, nitrate juga menjaga warna makanan. Meski sebenarnya tidak berbahaya, zat ini bisa berubah menjadi nitrite lalu menjadi nitrosamine di dalam tubuh. Nitrosamine adalah salah satu zat penyebab kanker.
Jika memungkinkan, cari daging organik yang bebas nitrate. Kalau terpaksa mengonsumsi nitrate, banyaklah mengonsumsi vitamin C yang dapat mencegah perubahan nitrate ke nitrosamine.


img 
5. Alkohol
Jika dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat menyebabkan keracunan hati. Akibatnya, kelebihan radikal bebas akan terjadi.
 img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar